Parade 1001 Kuda Sandalwood dan Festival Tenun Ikat Sumba

Parade 1001 Kuda Sandalwood dan Festival Tenun Ikat Sumba

Setelah Sukses dengan Festival Jelajah Tanah Humba tahun lalu, tahun ini kembali event besar Pariwisata dikemas dalam kegiatan besar untuk 4 kabupaten di pulau Sumba dalam bentuk budaya. Tema yang diususng adalah PARADE 1001 KUDA SANDALWOOD dan FESTIVAL TENUN IKAT SUMBA.

Star awal Parade 1001 Kuda dimulai dari Kabupaten Sumba Timur yang dibuka secara resmi oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya pada tanggal 3 Juli 2017 disusul kemudian oleh 3 kabupaten lainnya. Acara pembuka pada setiap kabupaten berbeda hingga masuk pada acara puncak nanti. Kuda-kuda dihias lengkap bersama penunggangnya menggunakan balutan kain Sumba.

Di Sumba Tengah pembukaan Parade 1001 Kuda di awali dengan Gala Dinner bersama para undangan, panitia, musisi dan masyarakat. Pentas seni pada malam Gala Dinner diisi oleh Sanggar OSA dengan lagu-lagu khas Sumba Tengah yang di arrasement oleh Elson Umbu Riada, selain itu Sanggar OSA juga menyajikan Acapela.

Pada acara puncak keesokan harinya Parade 1001 Kuda disambut dengan tarian massal NEGU KATAGA oleh anak-anak SMA Kristen Waibakul. Bupati Sumba Tengah dan para undangan turut menari bersama. Setelah tarian massal bupati Sumba Tengah Umbu S.Patedduk melepas peserta

Nahh.. Sumba Barat pun tidak kalah menariknya. Ada penenun massal yang juga turut mengambil bagian dalam perayaan Festival Pameran Tenun Ikat ini. Tenunan khas Sumba Barat memenuhi Lapangan Mandaelu tempat perayaan festival, meskipun cuaca kurang mendukung namun apresiasi masyarakat sangat tinggi pada kegiatan ini.

Bagaimana dengan Sumba Barat Daya? Yukk kita saksikan bersama acara puncaknya pada tanggal 12 Juli 2017 di kota Waitabula yang rencanya Bapak Presiden kita akan hadir. [*]

Dipost Oleh Rooslinda Rambu Lodji

Traveler, penulis dan penggiat pertanian :-)

Post Terkait

Tinggalkan Komentar